Home » » Pembagian Ilmu

Pembagian Ilmu

Posted by ENDI NUGROHO on Selasa, 14 Februari 2012

kali ini akan di jelaskan macam2 ilmu para makhluk. Imam haromain ra. menuliskan: ﻭﺍﻟﻌﻠﻢ ﺍﻟﻀﺮﻭﺭﻯ ﻣﺎ ﻻ ﻳﻘﻊ ﻋﻦ ﻧﻈﺮ ﻭﺍﺳﺘﺪﻻﻝ ﻛﺎﻟﻌﻠﻢ ﺍﻟﻮﺍﻗﻊ ﺑﺈﺣﺪﻯ ﺍﻟﺤﻮﺍﺱ ﺍﻟﺨﻤﺲ ﺍﻟﻈﺎﻫﺮﺓ ﻭﻫﻰ ﺍﻟﺴﻤﻊ ﻭﺍﻟﺒﺼﺮ ﻭﺍﻟﻠﻤﺲ ﻭﺍﻟﺸﻢ ﻭﺍﻟﺬﻭﻕ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺤﺼﻞ ﺑﻤﺠﺮﺩ ﺍﻹﺣﺴﺎﺱ ﺑﻬﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻧﻈﺮ ﻭﺍﺳﺘﺪﻻﻝ ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺍﻟﻤﻜﺘﺴﺐ ﻓﻬﻮ ﺍﻟﻤﻮﻗﻮﻑ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﻭﺍﻹﺳﺘﺪﻻﻝ ﻛﺎﻟﻌﻠﻢ ﺑﺄﻥ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺣﺎﺩﺙ ﻓﺈﻧﻪ ﻣﻮﻗﻮﻑ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﻓﻰ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﻭﻣﺎ ﻧﺸﺎﻫﺪﻩ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻐﻴﻴﺮ ﻓﻴﻨﺘﻘﻞ ﻣﻦ ﺗﻐﻴﻴﺮﻩ ﺇﻟﻰ ﺣﺪﻭﺛﻪ ﻭﺍﻟﻨﻈﺮ ﻫﻮ ﺍﻟﻔﻜﺮ ﻓﻰ ﺣﺎﻝ ﺍﻟﻤﻨﻈﻮﺭ ﻓﻴﻪ ﻟﻴﺆﺩﻱ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻄﻠﻮﺏ ﻭﺍﻹﺳﺘﺪﻻﻝ ﻃﻠﺐ ﺍﻟﺪﻟﻴﻞ ﻟﻴﺆﺩﻱ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻄﻠﻮﺏ ﻓﻤﺆﺩﻯ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﻭﺍﻹﺳﺘﺪﻻﻝ ﻭﺍﺣﺪ ﻭﺟﻤﻊ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻓﻯﻰ ﺍﻹﺛﺒﺎﺕ ﻭﺍﻟﻨﻔﻰ ﺗﺄﻛﻴﺪﺍ ﻭﺍﻟﺪﻟﻴﻞ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﺮﺷﺪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻄﻠﻮﺏ ﻷﻧﻪ ﻋﻼﻣﺔ ﻋﻠﻴﻪ penjelasan : bahwasanya ilmu para makhluk itu terbagi menjadi dua macam : 1. Ilmu Dloruri 2. Ilmu muktasab (nadhori) Pengertian dari ilmu dloruri adalah : ﻣﺎ ﻻ ﻳﻘﻊ ﻋﻦ ﻧﻈﺮ ﻭﺍﺳﺘﺪﻻﻝ "ilmu yg diperoleh dgn tanpa berfikir dan tanpa menggali dalil". Seperti ilmu yg ditangkap oleh salah-satu dari panca indera dhohir. Semisal, warna biru langit yg di tangkap oleh mata, bau harum bunga yg tercium oleh alat pembau, rasa kasar/halus dari suatu benda yg di rasakan alat peraba, atau rasa asin pedas pahit atau manis yg di tangkap indera perasa,,, dsb. Semua itu ditangkap oleh panca indra dgn tanpa melalui proses berfikir atau pencarian dalil terlebih dahulu. Oleh karena itu, ilmu yg ditangkap oleh indera ini bersifat pasti & tdk bisa ditolak oleh siapapun, maka disebut dgn ilmu Dhloruri. Sedangkan pengertian dari ilmu nadhori adalah : ﺍﻟﻤﻮﻗﻮﻑ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﻭﺍﻹﺳﺘﺪﻻﻝ "ilmu yg di hasilkan melalui proses berfikir dan pencarian dalil". Sebagaimana ilmu tentang "alam" yg dihukumi hädits (baru datang), dgn melalui proses berfikir tentang alam dan apa yg kita saksikan dari perubahan2 yg terjadi pada alam, kemudian kita bisa menyimpulkan dri perubahan2 itu bhwa alam itu barang baru, bukan sesuatu yg qodim, karena segala sesuatu yg mengalami perubahan dari waktu ke waktu, itu pasti perkara yg baru datang. Dari berfikir tentang alam, kemudian berusaha untuk mencari bukti2 yg mengarah kpda sebuah kesimpulan tentang baru datangnya alam, berdasarkan bukti2 yg ditemukan. Berfikir tentang alam dan fenomena yg terjadi pada alam ini, menurut istilah disebut dengan an- nadhor. Sedangkan upaya2 untk mencari bukti tentang baru datangnya alam ini disebut dengan istidläl. Kemudian bukti2 brupa perubahan2 yg terjadi pd alam, disebut dgn dalil. Sedangkan kesimpulan yg sedang dicari, yakni tentang baru datangnya alam, ini disebut al- mathlûb. Dengan demikian, an- nadhor dan istidlal sebenarnya mengarah pada tujuan yg sama, yakni ingin sampai kpda kesimpulan yg benar (al- mathlub ash-shohih). Pengertian dri an-nadhor itu sendiri adalah : ﺍﻟﻔﻜﺮ ﻓﻰ ﺣﺎﻝ ﺍﻟﻤﻨﻈﻮﺭ ﻓﻴﻪ ﻟﻴﺆﺩﻱ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻄﻠﻮﺏ "berfikir tentang keadaan dari perkara yg difikirkan, agar sampai kepada kesimpulan yg sdang dicari". Pengertian al-fikr: ﺣﺮﻛﺔ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﻌﻘﻮﻻﺕ "menggerakkan hati menuju hal2 yg bisa di cerna oleh akal". Pengertian istidlal: ﻃﻠﺐ ﺍﻟﺪﻟﻴﻞ ﻟﻴﺆﺩﻯ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻄﻠﻮﺏ "mencari bukti-bukti agar sampai kepada kesimpulan yg sedang dicari". Sedangkan pengertian dalil menurut istilah adalah : ﻣﺎﻳﻤﻜﻦ ﺍﻟﺘﻮﺻﻞ ﺑﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﻓﻴﻪ ﺇﻟﻰ ﻣﻄﻠﻮﺏ ﺧﺒﺮﻯ "sesuatu yg bisa di gunakan perantara untuk sampai kepada kesimpulan yang dicari, dengan melalui proses berfikir yang benar".

Thanks for reading & sharing ENDI NUGROHO

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Popular Posts