Home » , , » Menjaga Stamina Saat Puasa

Menjaga Stamina Saat Puasa

Posted by ENDI NUGROHO on Senin, 23 Juli 2012

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam di dunia tidak terkecuali di Indonesia melakukan ibadah puasa untuk menahan haus dan lapar seharian penuh.  Untuk itu menjaga stamina tubuh saat puasa merupakan hal penting yang harus dilakukan. Dengan melakukan ibadah suci ini maka otomatis pola makan serta tidur dapat berubah sehingga  menyebabkan adanya perubahan pada kondisi tubuh seperti lemas, mengantuk, kurang bertenaga pada siang hari.
Namun, bukan berarti anda memiliki alasan untuk tidur seharian tanpa melakukan aktifitas sehari-hari. Justru, menurut sebuah penelitian mereka yang tidak melakukan aktifitas dan tidur dalam waktu yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi lemas. Lantas, apakah tetap melakukan kegiatan yang dapat menghabiskan banyak energi selama bulan suci? Jawabannya tentu saja tetap melakukan kegiatan namun dalam porsi kecil seperti berjalan santai atau mengerjakan pekerjaan rumah.

Tips Menjaga Stamina Tubuh Saat Berpuasa.

Lalu bagaimana agar tubuh tetap berstamina dan aktif seperti biasa? Bagaiman menjaga stamina tubuh saat puasa? Berikut ini  beberapa tips menjaga stamina tubuh saat berpuasa serta penjelasannya.
Menjaga Jadwal Sahur
Sahur adalah salah satu kegiatan yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Tidak sedikit mereka menghindarkan kegiatan ini dengan alasan mengantuk. Momen ini seharusnya dimanfaatkan agar kebutuhan tubuh selama seharian berpuasa dapat terpenuhi. Manfaatnya tentu saja membuat tubuh tetap bugar dan sehat serta menjaga stamina tubuh tetap terjaga selama berpuasa.
Atur Menu Makanan
Menikmati menu sahur maupun berbuka adalah kenikmatan tersendiri apalagi jika dihabiskan bersama anggota keluarga tercinta. Sebagai ibu rumah tangga menyiapkan menu makanan yang sehat serta bergizi tinggi sangat diperlukan agar menjaga stamina tubuh saat puasa. Pilihlah makanan yang mengandung serat dan berprotein tinggi seperti sayuran dan ikan. Saat pengolahan pun harus diperhatikan. Hindari mengolah makanan dengan menggoreng atau menggunakan santan secara berlebihan karena membuat tubuh menjadi tidak segar. Makanan berserat dan berprotein tinggi sangat berguna untuk menjaga stamina tubuh.
Menjaga Stamina Tubuh Saat Puasa
Tetap Berolahraga
Melakukan olahraga setidaknya sepuluh menit setiap hari akan akan membuat tubuh segar dan tidak mudah lemas. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat seperti jogging atau senam di pusat kebugaran. Cukup dengan berlari kecil atau jalan santai saat sore hari menjelang berbuka membuat stamina kembali bugar.

Menjaga stamina tubuh saat berpuasa dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana, sehingga aktifitas tetap berjalan dengan baik.

Menjaga stamina tubuh saat puasa harus diperhatikan baik dari segi asupan makanan, menjaga jadwal sahur hingga melakukan aktifitas kecil. Tubuh yang segar dan sehat dapat membuat ibadah puasa menjadi lebih khusuk dan memiliki makna lebih untuk memperbaiki segala amal kita. Selamat berpuasa.
http://mlapak.com

Thanks for reading & sharing ENDI NUGROHO

Previous
« Prev Post

1 komentar:

Arsip Blog

Popular Posts