Home » , » Ingin Mudik Membawa Si Kecil? Yuk Terapkan Tips Ini Agar Tak Rewel

Ingin Mudik Membawa Si Kecil? Yuk Terapkan Tips Ini Agar Tak Rewel

Posted by ENDI NUGROHO on Minggu, 04 Agustus 2013


 

Jakarta, Mudik yang identik dengan perjalanan jarak jauh dan memakan waktu lama jika mengajak si kecil seringkali membuatnya rewel karena lelah. Lantas bagaimana caranya agar ia merasa nyaman dan kesehatannya tetap terjaga selama perjalanan tersebut?

Kegiatan mudik memerlukan tenaga dan stamina yang prima, karena biasanya memakan waktu berjam-jam, perjalanan panjang, macet, udara panas, sedang berpuasa dan jika menggunakan angkutan umum harus mengantre tiket dan bedesak-desakan. Kondisi inilah yang membuat anak seringkali tak nyaman dan berujung pada rewel, bahkan tak jarang justru menjadi sakit dalam perjalanan.

"Yang pasti sebaiknya tidak membawa anak mudik dengan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan jauh karena sangat melelahkan untuk anak," ungkap Prof Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes, pada keterangan tertulis yang diterima detikhealth dan ditulis Minggu (4/8/2013).

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua yang membawa anak dalam perjalanan mudik menurut Prof Tjandra:

1. Jaga fisik anak saat naik angkutan umum

Mudik dengan angkutan umum, maka bisa dipastikan Anda akan berdesak-desakan dengan pemudik lainnya. Apalagi jika kendaraan umum yang digunakan tidak menerapkan sistem penomoran tempat duduk. Nah, apabila anak ikut mudik dengan menggunakan angkutan umum, upayakan agar anak tidak ikut berdesak-desakan.

2. Bawa mainan anak

Anak biasanya memiliki mainan favorit yang sangat ia sukai, seperti mobil-mobilan atau boneka. Saat akan melakukan perjalanan jauh, ada baiknya membawa benda kesayangannya tersebut agar ia merasa nyaman selama perjalanan.

3. Siapkan obat-obatan dan vitamin

Kondisi perjalanan yang jauh dan lingkungan yang tak menentu tentu berisiko menurunkan daya tahan tubuh anak. Siapkan obat-obatan yang memang khusus untuk anak dari dokter (jika memang ada) atau obat lain seperti obat penurun demam, obat mabuk perjalanan, atau obat penghilang nyeri. Selain itu, siapkan juga suplemen vitamin agar anak tetap fit.

4. Pastikan mobil dalam kondisi baik

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan mobil dalam kondisi baik. Periksa kondisi mobil seperti mesin, oli mesin, serta ban cadangan. Periksa juga perlengkapan dalam mobil. Sebab jika mobil tidak dalam kondisi baik maka akan ada kemungkinan untuk mogok dan ini akan membuat perjalanan terhambat, anak dipastikan akan tak nyaman.

5. Atasi rasa jenuh anak

Sebagai edukasi, jelaskan pada anak ciri khas mengenai kota-kota yang dilalui. Selain bisa menambah pengetahuan anak, cara ini juga bisa membuang rasa jenuh anak dengan cara yang tidak sulit.

6. Sediakan waktu khusus untuk istirahat

Saat lelah, anak pasti akan meminta istirahat dengan rewel dan menangis. Oleh sebab itu, sering-seringlah beristirahat di tempat-tempat yang telah disediakan, seperti rest area. Jangan paksakan mengemudi ketika kondisi badan sudah lelah dan jangan kebut-kebutan.

http://health.detik.com

Thanks for reading & sharing ENDI NUGROHO

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Popular Posts