Home » » Lafadz aam (I)

Lafadz aam (I)

Posted by ENDI NUGROHO on Selasa, 14 Februari 2012

Kali ini akan diterangkan kalimat 'Aam dan karena keterangannya banyak, maka akan dibagi menjadi beberapa posting. ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﻌﺎﻡ ﻓﻬﻮ ﻣﺎ ﻋﻢ ﺷﻴﺌﻴﻦ ﻓﺼﺎﻋﺪﺍ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺣﺼﺮ ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻬﻢ ﻋﻤﻤﺖ ﺯﻳﺪﺍ ﻭﻋﻤﺮﺍ ﺑﺎﻟﻌﻄﺎﺀ ﺃﻯ ﺷﻤﻠﺘﻬﻢ ﺑﻪ ﻓﻔﻰ ﺍﻟﻌﺎﻡ ﺷﻤﻮﻝ ﻭﺃﻟﻔﺎﻇﻪ ﺍﻟﻤﻮﺿﻮﻋﺔ ﻟﻪ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺍﻹﺳﻢ ﺍﻟﻮﺍﺣﺪ ﺍﻟﻤﻌﺮﻑ ﺑﺎﻷﻟﻒ ﻭﺍﻟﻼﻡ ﻧﺤﻮ ﺇﻥ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻟﻔﻰ ﺧﺴﺮ ﺇﻻ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺁﻣﻨﻮﺍ ﻭﺍﺳﻢ ﺍﻟﺠﻤﻊ ﺍﻟﻤﻌﺮﻑ ﺑﺎﻟﻼﻡ ﻧﺤﻮ ﻓﺎﻗﺘﻠﻮﺍ ﺍﻟﻤﺸﺮﻛﻴﻦ ﻭﺍﻷﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺒﻬﻤﺔ ﻛﻤﻦ ﻓﻴﻤﻦ ﻳﻌﻘﻞ ﻛﻤﻦ ﺩﺧﻞ ﺩﺍﺭﻯ ﻓﻬﻮ ﺁﻣﻦ ﻭﻣﺎ ﻓﻴﻤﺎ ﻻ ﻳﻌﻘﻞ ﻧﺤﻮ ﻣﺎ ﺟﺎﺀﻧﻰ ﻣﻨﻚ ﺃﺧﺬﺗﻪ ﻭﺃﻯ ﺇﺳﺘﻔﻬﺎﻣﻴﺔ ﺃﻭ ﺷﺮﻃﻴﺔ ﺃﻭ ﻣﻮﺻﻮﻟﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺠﻤﻴﻊ ﺃﻯ ﻣﻦ ﻳﻌﻘﻞ ﻭﻣﺎ ﻻ ﻳﻌﻘﻞ ﻧﺤﻮ ﺃﻯ ﻋﺒﻴﺪﻯ ﺟﺎﺀﻙ ﺃﺣﺴﻦ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺃﻯ ﺍﻷﺷﻴﺎﺀ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻋﻄﻴﺘﻜﻪ ﻭﺃﻳﻦ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﻜﺎﻥ ﻧﺤﻮ ﺃﻳﻨﻤﺎ ﺗﻜﻦ ﺃﻛﻦ ﻣﻌﻚ ﻭﻣﺘﻰ ﻓﻰ ﺍﻟﺰﻣﺎﻥ ﻧﺤﻮ ﻣﺘﻰ ﺷﺌﺖ ﺟﺌﺘﻚ ﻭﻣﺎ ﻓﻰ ﺍﻹﺳﺘﻔﻬﺎﻡ ﻧﺤﻮ ﻣﺎ ﻋﻨﺪﻙ ﻭﺍﻟﺠﺰﺍﺀ ﻧﺤﻮ ﻣﺎ ﺗﻌﻤﻞ ﺗﺠﺰ ﺑﻪ ﻭﻓﻰ ﻧﺴﺨﺔ ﻭﺍﻟﺨﺒﺮ ﺑﺪﻝ ﺍﻟﺠﺰﺍﺀ ﻧﺤﻮ ﻋﻤﻠﺖ ﻣﺎ ﻋﻤﻠﺖ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻛﺎﻟﺨﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺴﺨﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﻭﺍﻟﺠﺰﺍﺀ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻭﻻ ﻓﻰ ﺍﻟﻨﻜﺮﺍﺕ ﻧﺤﻮ ﻻ ﺭﺟﻞ ﻓﻰ ﺍﻟﺪﺍﺭ Penjelasan : 'Aam menurut lughot berarti ﺍﻟﺸﻤﻮﻝ (menyeluruh). Sedangkan menurut istilah, 'aam adalah : ﻟﻔﻆ ﻳﻌﻢ ﺩﻓﻌﺔ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺩﻻﻟﺔ ﻋﻠﻰ ﺣﺼﺮ "suatu lafadz yg cakupan artinya lebih dari satu dgn tanpa menunjukkan adanya batasan". Dgn arti lain, 'am adalah kata/lafadz yg memberi pengertian umum, meliputi segala sesuatu yg terkandung dlm kata itu dgn tdk terbatas. Yg dimaksud "dgn tanpa menunjukkan batasan" disini adalah dgn melihat dilälah-nya lafad, tdk melihat kenyataan yg sebenarnya. Seperti ﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ disbut 'am krn dilihat dri lafadnya tdk ada yg menunjukkan kpd btasan tertentu, meskipun dlm kenyataannya langit itu jumlahnya hanya 7 lapis tdk lebih . Sedangkan lafad ﺃﻟﻒ ﺃﻟﻒ (sejuta) bukan termasuk 'am krna dilihat dri dilälah lafadnya menunjukkan jumlah yg terbatas, meskipum dlm kenyataannya sangat sulit menghitung benda/ barang yg jumlahnya mencapai sejuta {an- nafahat,70}. Isim nakiroh dlm kalam mutsbat bukan termasuk lafad yg 'am, seperti ﺃﻛﺮﻡ ﺭﺟﻼ (muliakanlah seorang lelaki), krna meskipun lelaki pd contoh ini tdk ditentukan orangnya, namun hanya terbatas satu orang saja. Makna yg tercakup oleh lafad yg 'am adalah satu persatunya afrod (anggota), tdk mengarah kpd kumpulan afrod. Oleh karna itu pada kalimat ﻛﻞ ﺭﺟﺎﻝ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﻳﺤﻤﻠﻮﻥ ﺍﻟﺼﺨﺮﺓ ﺍﻟﻌﻈﻴﻤﺔ "seluruh lelaki dikampung itu mengangkat batu yg besar" lafad : ﻛﻞ ﺭﺟﺎﻝ ﺍﻟﺒﻠﺪ tdk bisa disebut 'am, krna yg mengangkat batu yg besar itu bkan satu- persatu dri lelaki kampung, tpi kumpulan dri smua lelaki dikampung itu. Berbeda dengan contoh : ﺟﺎﺀ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ "semua lelaki datang kemasjid pada hari jumat". Maka yg dimaksud ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ adalah setiap (satu- persatunya) lelaki, bukan kumpulan para lelaki {an- nafahat,70}. Lafad yang menunjukkan arti 'aam terdiri 4 macam: 1. ISIM MUFROD yg dima'rifatkan dgn alif lam ( ﺃﻝ). Yg dimaksud ﺃﻝ disini adalah ﺃﻝ istighroq, yaitu ﺃﻝ yg berarti menghabiskan seluruh afrod. Contohnya: ﺇﻥ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻟﻔﻰ ﺧﺴﺮ ﺇﻻ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺁﻣﻨﻮﺍ "sesungguhnya seluruh manusia itu merugi, kecuali org2 yg beriman...". Lafad ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ termasuk lafad 'am krn merupakan isim mufrod (kata benda tunggal) yg kemasukan al istighroqiyah. Begitu juga pda Q.S.AL-BAQOROH:275, lafad al-bai dan al-riba. 2. ISIM JAMA' yg dima'rifatkan dgn ﺃﻝ. Yg dimaksud isim jama' disini : ﺍﻟﻠﻔﻆ ﺍﻟﺪﺍﻝ ﻋﻠﻰ ﺟﻤﺎﻋﺔ "lafad yg menunjukkan arti golongan/kaum". Isim jama' mencakup: a) jama', yaitu: ﻣﺎ ﺩﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺍﺛﻨﻴﻦ ﺩﻻﻟﺔ ﺗﻜﺮﺍﺭ ﺍﻟﻮﺍﺣﺪ ﺑﺎﻟﻌﻄﻒ "suatu lafad yg menunjukkan arti lebih dari dua, sebagaimana arti yg ditunjukkan oleh lafad mufrod yg diulang-ulang dgn cara di 'athofkan" {an- nafahat,72}. Contohnya : ﻓﺎﻗﺘﻠﻮﺍ ﺍﻟﻤﺸﺮﻛﻴﻦ "bunuhlah orang2 musyrik". Lafad ﺍﻟﻤﺸﺮﻛﻴﻦ menunjukkan arti golongan org2 musyrik, yakni lebih dari dua hingga tdk terbatas. Dan arti yg ditunjukkan oleh ﺍﻟﻤﺸﺮﻛﻴﻦ sama dgn lfad ﺍﻟﻤﺸﺮﻙ yg diulang2 dgn huruf 'athof, seperti ﺍﻟﻤﺸﺮﻙ ﻭﺍﻟﻤﺸﺮﻙ ﻭﺍﻟﻤﺸﺮﻙ. b) isim jins al-jam'i, yaitu: ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻣﻮﺿﻮﻋﺎ ﻟﻠﺤﻘﻴﻘﺔ ﻣﻠﻐﻰ ﻓﻴﻪ ﺇﻋﺘﺒﺎﺭ ﺍﻟﻔﺮﺩﻳﺔ ﻭﻳﻔﺮﻕ ﺑﻴﻨﻪ ﻭﺑﻴﻦ ﻭﺍﺣﺪﻩ ﺑﺎﻟﺘﺎﺀ ﻏﺎﻟﺒﺎ "lafad yg menunjukkan hakikat sesuatu, tnpa memandang satu- persatunya afrod. Antara jama' & mufrodnya, pada umumnya dibedakan dgn ta". Seperti lafad ﻟﺘﻤﺮ ﻗﻮﺕ (semua jenis kurma itu merupakan makanan yg menguatkan). Lafad at- tamru dsni menunjukkan arti semua jenis kurma tanpa memilah-milahnya. c) isim jama' yaitu : ﻣﺎ ﺩﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺍﺛﻨﻴﻦ ﺩﻻﻟﺔ ﺍﻟﻤﻔﺮﺩ ﻋﻠﻰ ﺟﻤﻠﺔ ﺃﺟﺰﺍﺀ ﻣﺴﻤﺎﻩ "suatu lafad yg menunjukkan arti lebih dari dua, sbgaimana arti yg di tunjukkan isim mufrod atas keseluruhan bagian2 yg dicakupnya" {an-nafahat, 71}. Seperti lafad ﺍﻟﻘﻮﻡ yg mencakup semua anggota kaum, yang terdiri dari zaed, umar, bakr,,, dst secara keseluruhan. Makna yg di tunjukkan oleh lafad ﺍﻟﻘﻮﻡ ini, seakan menyamai lafad ﺯﻳﺪ yang menunjukkan atas bagian2 tubuh zaed yg terdiri dari kepala, tangan, perut, kaki,,, dst. Bersambung ke bag 2

Thanks for reading & sharing ENDI NUGROHO

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Popular Posts